27 April 2014

Dari Sulthanul Ulama Hingga Sulthanul ‘Asyiqin

Senin, 28 April 2014, Sarkub Mesir akan mengadakan ziarah dengan tema “Dari Sulthanul Ulama Hingga Sulthanul ‘Asyiqin”. Siapakah mereka berdua?

1.    Sulthanul Ulama ( 577 H./578 H. – 660 H. )

Sulthanul Ulama adalah gelar untuk Izudin Abdul Aziz bin Abdussalam bin Abil Qasim al-Sulami al-Syafi’i.  Beliau lahir dan besar di Damaskus, Syiria. Tahun kelahirannya masih diperdebatkan diantara tahun 577 H. dan 578 H. Beliau wafat di Mesir pada tahun 660 H. dan di makamkan di areal pekuburan “Qarafah Kubra”.

Beliau merupakan seorang faqih yang wira’i, zuhud, amanah, pemberani, dan sangat disegani. Sifat tegas dan berani menentang kezaliman penguasa seringkali membuat beliau diganjar dengan perlakuan buruk oleh para penguasa. Akan tetapi, hal itu tidak membuat ia gentar dan mengurungkan apa yang ia yakini sebagai kebenaran. Keberanian mengkritik pada beliau ini yang akhirnya mengantarkan beliau hijrah dari Damaskus menuju Mesir. Beliau menghabiskan waktu selama dua puluh tahun akhir hayatnya di Mesir dengan catatan gemilang sebagai pejuang yang mampu mengalahkan tentara Tartar, mengkader generasi dan capaaian fantastis yang lain.

Beliau berguru kepada orang-orang hebat di masanya, semisal al-Amidi dan al-Suhrawardi dan berhasil mencetak ulama nomor wahid di era setelahnya. Diantara murid beliau adalah imam al-Qarafi dan Ibnu Daqiq al-‘Ied.

Karya beliau yang paling fenomenal adalah al-Qawaid al-Kubra. Sebuah kitab yang diakui sebagai kitab induk dalam ilmu maqashid dan ilmu qawaid al-fiqh. Selain kitab yang tersebut diatas, masih banyak karya-karya lain, baik yang sudah diterbitkan maupun yang masih dalam bentuk manuskrip.

Biografi lengkap beliau dapat diakses sedikitnya dalam dua puluh kitab biografi. Semisal dalam Thabaqat Syafi’iyah Kubra, al-Bidayah wa al-Nihayah, Thabaqat al-Isnawi & Ibnu Qadhi Shahbah, dan Karl Broklman.

2.    Sulthanul Asyiqin ( 576 H. – 632 H.  )

Sulthanul Asyiqin adalah Abu Hafsh Syarafudin Umar bin Ali bin Mursyid al-Hamawi. Lahir pada tanggal 4 Dzul Qa’dah 576 H. di Kairo, Mesir.  Nisbat al-Hamawi merupakan nisbat kepada daerah asal orang tua beliau, yaitu daerah Hama di Suria.  Sedang gelar Sulthanul Asyiqin beliau peroleh karena beliau selalu melantunkan syair-syair kerinduan kepanda baginda Rasul Saw.

Semenjak dari kecil beliau mempunyai ketertarikan dengan dunia sufi. Hingga pada suatu waktu ia bertemu dengan seorang guru sufi yang menunjukan beliau agar mengembara ke Mekah, karena disana adalah tempat yang dijanjikan dapat mengantarkan beliau ke darajat futuh. Sebelum beliau menempuh jalur suluk, beliau terlebih dahulu menghabiskan waktu untuk menimba ilmu dzahir. Diantaranya adalah belajar fikih Syafi’i kepada para fuqaha dan ilmu hadits kepada Ibnu Asakir.

Beliau menetap di Mekah selama lima belas tahun. Setelah itu beliau kembali ke Mesir hingga ahir hayatnya pada tahun 632 H.[]

Sarkub Mesir, 27 April 2014
(FOTO: Dokumen lama Sarkub Mesir)

Tim website Komunitas Sarkub Mesir.