06 April 2015

Sosok Maslamah ibn Mokhallad, Ziarah Sahabat di Kota Fustat

Tiap Maslamah membaca Alquran di depan mihrab, suara jatuhnya air-mata itu bisa ditandai.
Di siang hari kemarin (22 Maret 2015), kami mendapat kesempatan berziarah menuju makam salah seorang Sahabat Rasul bernama Maslamah. Lantas siapakah sosok Maslamah?

Sahabat Maslamah ibn Mokhallad

Ia adalah Maslamah ibn Mokhallad ibn Shomit ibn Niyar ibn Laudzan ibn 'Abdi Wuddin ibn Zayd ibn Tsa'labah ibn Khazraj ibn Sa'idah ibn Ka'b ibn Khazraj [al-Anshari; al-Khazraji; as-Sa'idi].

Wali (gubernur) wilayah Mesir pada masa Muawiyah ibn Abi Sofyan. Ia menggantikan jabatan Sahabat Uqbah ibn 'Amir (makamnya di Qarafah Sughra; kompleks Imam Syafii).



Makam Maslamah berada di tengah pasar di jalan yang dikenal dengan nama "Mosalama", daerah Fustat, Misr Al-Qadimah.

Dari banyaknya makam Sahabat baik yang diketahui namanya maupun terlupa karena seringkali terdapat puluhan dalam satu tempat, makam ini merupakan makam sahabat yang diakui keabsahannya berada di Mesir.

Sosok

Maslamah ibn Mokhallad lahir di saat Rasul Saw. bertolak menuju Madinah. Pendapat lain mengatakan, pada saat hijrah itu Maslamah sudah berumur 4 tahun.

Sahabat Maslamah ialah sosok yang wara' dan dikenal suka berlama-lama dalam ibadah, khususnya membaca Alquran.

Almaqrizi dalam catatannya menggambarkan. "[riwayat] Dari Mujahid, Saya pernah salat di belakang Maslamah. Ia membaca surah al-Baqoroh, tanpa meninggalkan satupun alif atau wau."

Sedangkan Alwaqidi menggambarkan, "Jikalau Maslamah sedang membaca Alquran di depan mihrab, suara jatuhnya air mata itu bisa terdengar."

Sosok Maslamah dikenal mempunyai penghayatan yang tinggi di kala membaca ayat-ayat suci. Oleh karena itu, bacaannya juga dikenal mampu mengoyak perasaan orang yang mendengarkannya.

Selain Gubernur Mesir, ia juga mempunyai peran yang penting dalam proses Fathu Mishr. Ia tercatat membawahi 1000 prajurit sama seperti Ubadah ibn Shomit, Miqdad ibn Aswad, dan Zubayr ibn 'Awwam.

sarkubmesir.net Shollu ala Sidnannabi! :)

Mahasiswa pascasarjana jurusan Siyasaat Syar'iyyah, Universitas Al-Azhar, Kairo, Mesir


EmoticonEmoticon