25 August 2019

Syekh Ibrohim Al-Saqo, Mahaguru dari Para Guru Syekh Muhammad Yasin al-Fadani

Makam Keluarga Syekh Al-Saqa di Qarafah Al-Mujawirin.
Nama lengkap beliau adalah Burhanuddin Abul Ma’ali Ibrohim bin Ali bin Hasan As-Saqo as-Syafi’i al-Azhari al-Syabrobakhumi. Beliau lahir di Kairo pada tahun 1212 H. bertepatan dengan tahun kedatangan Syekh Ibrohim al-Bajuri ke Kairo dan setahun sebelum masuknya pasukan Perancis ke Mesir. Ayah beliau berasal dari desa Syabrobakhum (seperti dieja oleh Syekh Fairuz-abadi dalam al-Qomus al-Muhith), distrik Quwaisna. Dari sini, kata Syabrobakhumi disematkan di belakang nama beliau.

Guru

Guru-guru beliau dari kalangan ulama sepuh al-Azhar saat itu adalah Syekh al-Amir al-Kabir, Syekh Muhammad al-Mahdi al-Kabir (kakek dari Syekhul Azhar, Muhammad al-Mahdi al-Abbasi) dan Syekh Tsu’ailib, guru khusus beliau sebagaimana beliau katakan sendiri. Beliau juga berguru kepada Syekh Muhammad al-Amir al-Shoghir, Syekh Muhammad Fudloli, Syekh Hasan al-Baqli, Syekh Hasan al-Quwaisni (Syekhul Azhar), Syekh Ahmad al-Damahuji (Syekhul Azhar), dll.

Peranan

Di masjid al-Azhar beliau biasa mengajar kitab Matan Tahrir dan Matan Manhaj yang keduanya adalah karya Syekh Zakariyya al-Anshori. Dalam mengajar kedua matan fikih Syafi’i ini, beliau menggunakan Hasyiyah Syarqowi dan Hasyiyah Bujairomi sebagai pijakan. Saat memasuki bulan Ramadan, beliau biasa membaca kitab Syama’il Muhammadiyyah karya Imam al-Tirmidzi. Di antara yang menghadiri majelis ini adalah Syekh Syamsuddin al-Imbabi (Syekhul Azhar).

Di samping mengajar dan mendidik para talib, beliau juga menjadi khatib di Masjid al-Azhar selama 20 tahun. Sepanjang 2 dekade menjadi khatib, beliau hampir tidak pernah absen menjalankan tugas ini kecuali di akhir umur beliau. Di akhir hayatnya, beliau diberi cobaan berupa sakit yang memaksa beliau untuk tidak keluar rumah.

Karya

Diantara karya beliau adalah Hasyiyah ‘ala Syarh Qothrunnada, Hasyiyah ‘ala Fathul Qorib al-Majid Syarh Bidayatil Murid Fan Tauhid (Syarh karya Syekh Ibrohim al-Bajuri, Syekhul Azhar, matan karya Syaikh Muhammad al-Siba’i), Manasikul Hajj ‘alal Madzahib al-Arba’ah, dll.

Diantara karya beliau yang paling penting adalah Hasyiyah ‘ala Tafsiri Abissu’ud. Meski tafsir ini sangat bagus dan laris manis di kalangan lembaga pendidikan Islam, namun sedikit sekali ulama yang memberi penjelasan terhadapnya. Padahal dalam tafsir ini, seperti dikatakan Syekh Usamah Al-Azhari, terdapat masalah-masalah yang sulit dipahami. Sementara ini, masih menurut beliau, hanya terdapat 5 ulama yang men-syarah tafsir ini, diantaranya adalah Syekh Ibrohim as-Saqo.
Makam Keluarga Syekh Al-Saqa di Qarafah Al-Mujawirin.

Peranan dalam Sanad

Dalam kitab Bulughul Amani, Syekh Muhammad Mukhtaruddin al-Falimbani mengatakan bahwa: “Syekh Burhanuddin Ibrohim bin ‘Ali as-Saqo adalah muara sanad Ulama Mutaakhkhirin”. Bahkan Grand Muhaddits Negeri Syam, Syekh Badruddin al-Hasani, dalam menyebutkan sanad cukup menyebut nama beliau. Tidak berlebihan jika beliau disebut sebagai penyambung Tsabat Amir, Tsabat Syanawani (Syekhul Azhar), Tsabat Syarqowi (Syekhul Azhar), Tsabat Syabrowi (Syekhul Azhar), Tsabat al-Babili hingga Syekh Zakariyya al-Anshori.

Hubungan dengan Syekh Yasin Al-Fadani

Untuk menyebut satu persatu murid beliau, mungkin dibutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini wajar karena, hampir di seluruh penjuru dunia Islam terdapat murid beliau. Oleh karena itu, di sini hanya akan disebutkan sebagian murid-murid beliau yang mempunyai hubungan dengan Syekh Yasin al-Fadani, diantaranya adalah: Syekh Muhammad bin Ibrohim as-Samaluthi, Syekh Muhammad Hasanain Mahluf, Syekh 'Ali Surur al-Zankaluni dan Syekh Muhammad Ahmadi al-Dhowahiri (Syekhul Azhar). Mereka semua adalah ulama Mesir yang menjadi murid langsung dari Syekh Ibrohim as-Saqo sekaligus guru langsung dari Syekh Muhammad Yasin al-Fadani.

Sedang di daratan Syam terdapat Syekh Badruddin al-Hasani dan Syekh Yusuf an-Nabhani. Mereka berdua adalah murid langsung Syekh Ibrohim as-Saqo sekaligus guru langsung dari Syekh Muhammad Yasin al-Fadani.

Hari Akhir

Beliau wafat pada tahun 1298 H. pada umur 86 tahun. Makam beliau berada di kawasan Qarafah Al-Mujawirin, Kairo. Berada di antara makam Syekh Syarqowi (Syekhul Azhar) dan Syekh Ibrohim al-Fayumi (Syekhul Azhar).[]


Lahumul fatihah..
Al-Gamalea, 23-8-2019 M.
Munawar Ahmad

Sumber Pustaka: Asanidul Mashriyyin dan Bulughul Amani

Peziarah yang dilahirkan di Kebumen, Jawa Tengah. Sekarang sedang menempuh pendidikan di Univ. Al-Azhar, Kairo.