Tentang Kami

Sarkub Mesir ialah sebuah komunitas terbuka bagi pecinta ilmu, ulama, dan awliya' yang beranggotakan mahasiswa-mahasiswa Indonesia di Universitas al-Azhar, Mesir.


Komunitas yang pada mulanya hanya sebagai ajang ziarah bersama ini mulai eksis pada medio tahun 2011. Namun, sempat redup di tahun 2013 karena satu-persatu penggagas komunitas ini telah merampungkan akademiknya dan pulang ke Indonesia.


Awal tahun 2014, beberapa anggota baru beserta aktivis yang semasa dengan para penggagas berinisiatif menyegarkan kembali komunitas ini.

Kami mendokumentasikan kegiatan kami dalam beberapa liputan, di antaranya:
a. Rihlah Maktabah
b. Majelis Bersanad
c. Studi Masjid
d. Mengenal Thoriqoh
e. Ziarah Makam

Dalam hal ini, kami sepakat tidak menerima perdebatan yang tak kunjung usai seputar permasalahan tawassul, tabarruk, dan ziarah sebab kami mempunyai kegiatan lain di kehidupan nyata, apalagi kami adalah pelajar di negeri orang. Namun, tak dapat dipungkiri jika di kemudian hari terdapat konten yang memancing perdebatan.

Tak ada maksud lain selain ikut serta menyampaikan Risalah al-Azhar as-Syariif dengan ajaran sunni-sufi yang tak lepas dari sikap moderat sekaligus meramaikan gelanggang maya yang semakin ramai diisi berbagai lapisan.

Lembaga al-Azhar as-Syariif yang tak ubahnya seperti bangunan mempunyai 3 pondasi utama:
1. Berfikih yang bersifat mazhabi
2. Berakidah Asy'ari Maturidi
3. Bertashawwuf dalam kehidupan sehari-hari.
(Disampaikan berkali-kali oleh Syaikh Usamah Sayyid al-Azhari sebagai duta resmi pembawa Risalah al-Azhar, juga oleh banyak syaikh-syaikh Azhar lain).


Website kami sekaligus menjadi sekretariat yang selalu terbuka bagi siapapun, kapanpun, dan di manapun. Salam kenal dari Mesir! Shollu ala Sidnannabi! :)

Darrasah, Kairo.
Komunitas SarKub Mesir.